[WAIBI VLOG Hari Ke-2] LIPUTAN KEGIATAN SHIFT: TRAINING, MLTT KE-2, FGD KE-1 DAN FGD KE-2

0



LIPUTAN KEGIATAN SHIFT: TRAINING, MLTT KE-2, FGD KE-1 DAN FGD KE-2
Semarang, 27-30 Mei 2022

Populasi penduduk yang terus meningkat mengakibatkan kondisi kota yang kian padat dan berpengaruh besar dalam peningkatan kebutuhan pangan, air bersih, dan pemukiman. Konsep kota berkelanjutan dapat menjadi solusi yang baik untuk mengatasi berbagai permasalahan ini. Penting menyadari prinsip Pertanian Regeneratif Berbasis Ekonomi Sirkular yang berkonsep kembali ke alam demi terwujudnya Konsep Kota Berkelanjutan.

SHIFT merupakan rangkaian kegiatan untuk membantu dalam pelaksanaan transformasi sistem pangan yang berkelanjutan, sehat, dan inklusif untuk kota masa depan yang berkelanjutan. Telah dilaksanakan rangkaian kegiatan SHIFT pada tanggal 27-30 Mei 2022 yang berupa Pelatihan/ Training, Multi Level Task Team (MLTT) ke-2, dan Focus Group Discussion (FGD) yang ke-1 dan ke-2.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari pada 27-29 Mei 2022 di Sekolah Alam Ar Ridho, Tembalang, Kota Semarang. Pelatihan yang mengusung tema Pertanian Regeneratif Berbasis Ekonomi Sirkular ini berjalan dengan sangat lancar dan peserta pun memiliki antusiasme yang tinggi.

Pelatihan hari ke-1 dilaksanakan pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 08.30 – 11.50. Pelatihan ini membahas mengenai Pengenalan Sustainable Urban and Peri-Urban Agriculture (SUPA). Narasumber dalam pelatihan ke-1 ini adalah Khaerul Anam Masrur yang memaparkan mengenai Pengenalan SUPA dan Nurul Khamdi yang memperkenalkan lokasi percontohan pertanian regeneratif.

Pelatihan hari ke-2 dilaksanakan pada Sabtu, 28 Mei 2022 pukul 08.30 – 15.20. Pelatihan ini membahas mengenai Pengenalan 8 Modul Pertanian Regeneratif. Narasumber dalam pelatihan ke-2 ini adalah Lusi Ismail yang mensosialisasikan mengenai 8 Modul Pertanian Regeneratif dan Khaerul Anam Masrur yang memimpin diskusi 8 Modul Pertanian Regeneratif.

Pelatihan hari ke-3 dilaksanakan pada Minggu, 29 Mei 2022 pukul 08.30 – 14.50. Pelatihan ini membahas mengenai Circular Business Model Canvas (CBMC). Narasumber dalam pelatihan ke-3 ini adalah Wahyu Widayat yang memperkenalkan Circular Economy dan Circular Business Model Canvas (CBMC) serta Roy Kuntjoro yang menyampaikan cara menyusun Circular Business Model Canvas (CBMC).

Multi Level Task Team (MLTT) atau Pertemuan Tim Tugas Multi Level ke-2 merupakan kegiatan yang melibatkan pemangku kepentingan baik di tingkat lokal maupun nasional dalam setiap pertemuan. MLTT direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan undangan sebanyak 25 peserta, yang terdiri dari mitra pembangunan (2 orang), tingkat nasional (5 orang), tingkat provinsi (2 orang), tingkat kota (10 orang), civil society (5 orang), dan akademisi (1 orang).

Melalui MLTT ke-2 ini akan dibahas secara khusus bagaimana merumuskan konsep SUPA yang memenuhi standar keberlanjutan dan berdampak luas bagi masyarakat. MLTT ke-2 dilaksanakan Jumat, 27 Mei 2022 pada pukul 14.00 – 17.00 di Sekolah Alam Ar Ridho. Kegiatan ini dibuka oleh Anang Noegroho, Direktur Pangan dan Pertanian BAPPENAS sebagai pembicara kunci.

Paparan pertama MLTT ke-2 dipresentasikan oleh Hernowo Budi Luhur, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang yang membahas mengenai Integrated Urban Farming Menuju Pembangunan Pertanian yang Berkelanjutan. Dilanjutkan dengan paparan dari Bambang Pramusinto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang mengenai Mewujudkan Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan di Kota Semarang. Paparan mengenai Pertanian Regeneratif dipresentasikan oleh Khaerul Anam Masrur dengan judul Sedikit Mengenal Pertanian Regeneratif kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Nurul Khamdi dengan judul Sistem Budidaya Pangan Berbasis Sifat Asli Alam agar Sustainable/ Regenerative atau Berkelanjutan. MLTT ke-2 ditutup dengan baik dengan kunjungan ke kebun yang ada Sekolah Alam Ar Ridho.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) merupakan bagian dari Holistic Assessment dan Policy Brief untuk mengumpulkan data melalui diskusi dan wawancara DELPHI. FGD ke-1 dan ke-2 dilaksanakan di Oak Tree Hotel pada tanggal 30 Mei 2022 pukul 09.00 – 12.00 dilanjutkan dengan FGD ke-2 pada pukul 13.00 – 16.00. FGD ke-1 membahas mengenai Asesmen terhadap Konsumsi dan Ketahanan Pangan, FGD ke-2 membahas mengenai Asesmen Kondisi Sosial Ekonomi. Kegiatan FGD ini merupakan kegiatan yang disusun oleh Soegijapranata Catholic University (SCU). FGD ke-3 dan ke-4 direncanakan pada bulan Juni 2022.

Direncanakan kegiatan Multi Stakeholder Dialogue (MSD) pada rangkaian SHIFT selanjutnya. MSD dilaksanakan untuk mendukung proses setelah Dialog Nasional Indonesia menuju UN Food System Summit (UNFSS) di Indonesia dan memberikan masukan untuk rancangan transformasi sistem pangan. MSD direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 3 kali dan akan menghasilan Kelompok Kerja yang disebut Sobat Pangan Semarang (SPS).

Nantikan kegiatan SHIFT yang selanjutnya demi terwujudnya transformasi sistem pangan dengan konsep kota berkelanjutan berdasarkan Pertanian Regeneratif Berbasis Ekonomi Sirkular

source

Leave A Reply

Your email address will not be published.